Tuesday, March 17, 2020

ABC Cerdaskan Bukittinggi


Menjadi kota ke-23 yang didatangi oleh kegiatan ABC Cerdaskan Indonesia dan menjadi kota pertama di Sumatra Barat, Bukittinggi mendapatkan jatah kegiatan sebanyak 7 sekolah. Setelah melakukan survey berdarah-darah dalam waktu singkat, maka sekolah yang berhasil kami dapatkan yaitu:
1. SDN 10 Sapiran
2. SDN 09 Belakang Balok
3. MIN Kota Bukittinggi
4. SDN 03 Pakan Kurai
5. SDN 03 Pakan Labuah
6. SDN 02 Aur Kuning
7. SDR 04 Birugo

Dalam kegiatan ABC Cerdaskan Indonesia ini, kegiatannya terbagi jadi beberapa bagian:
1. Kelas Cerdas Bersama Siswa

 Kegiatan ini berupa pembelajaran kreatif yang dilakukan dengan siswa kelas 5 dan 6 bersama kakak-kakak dari Indonesia Mengajar di kelas. Materi yang dipelajari yaitu matematika, sains, dan Bahasa Indonesia (sesuai dengan aspek yang diujikan oleh PISA. Lebih lanjut bisa dibaca di part 1). Selain itu, di kelas juga diadakan pre-test dan post-test, untuk mengukur dan membandingkan kemampuan siswa. 

Ga cuma yang berhubungan dengan pelajaran, siswa di kelas juga akan mendapatkan paket makan siang yang dipersembahkan oleh PT Heinz ABC berupa nasi dengan lauk ikan Sarden ABC dan sayuran, air mineral, 1 jus kotak, dan 1 kaleng Sarden ABC kemasan kecil.

2. Bedah Modul Bersama Guru

Mirip dengan Kelas Cerdas Bersama Siswa, di sini para guru juga akan melakukan bedah modul bersama tim Indonesia Mengajar. Modul yang dibedah di sini sama dengan yang dipelajari oleh siswa kelas 5 dan 6 di kelas. Tujuannya di adakan juga kegiatan ini, supaya kalau misal ada murid yang mau bertanya kepada guru mengenai materi ataupun metode dari modul, guru-guru nya bisa menyambung penjelasan dari tim Indonesia Mengajar.

3. Seminar Orang Tua

 Untuk kegiatan ini, kita meminta bantuan pihak sekolah untuk mengundang orang tua siswa kelas 5 dan 6 sebanyak 35-40 orang untuk hadir. 

Materi dalam seminar ini yaitu tentang makanan bergizi yang bagus untuk perkembangan otak anak. Salah satu zat yang paling penting untuk otak yaitu Omega 3 dan 6, yang bisa didapatkan dari ikan laut, salah satunya tentu: Ikan Sarden ☺ Di akhir acara, nanti orang tua bakal dikasih oleh-oleh goodie bag berisi beberapa produk dari PT Heinz ABC.

 4. Cooking Demo

 Khusus untuk Cooking Demo ini, tidak diadakan di semua sekolah sasaran, hanya di 3 sekolah saja. Menjadi bagian di kegiatan seminar orang tua, di demo ini para orang tua diajak dan diajarkan untuk lebih berkreasi dalam memasak, khususnya sarden. Selama ini, kita makan sarden palingan cuma digoreng dan dicabein doang kan yah? Nah, di Cooking Demo ini, Chef Dede, Brand Ambassador Sarden ABC, memperlihatkan salah satu menu praktis dalam mengolah sarden, yaitu Sarden Kari Santan. Kebayang ga sarden di kasih bumbu kari dan santan? Hasilnya ternyata enak banget! Beneran ga kecium amisnya sama sekali. Dan waktu memasaknya cuma 10-15 menit saja! Memang, kemampuan sekelas Chef Dede, yang pernah bekerja mulai dari kapal pesiar hingga di KBRI Vatikan, patut diacungi jempol. 

Habis masak-masak, selanjutnya tentu: icip-icip 😄


Selain rangkaian kegiatan acara di atas, ABC Cerdaskan Indonesia juga dimeriahkan oleh kehadiran Ega, maskotnya Sarden ABC. Di semua sekolah, Ega selalu menjadi idola para siswa. Bahkan kadang sampai ga bisa istirahat dan buka kostum karena anak-anak terus-terusan ngajak main 😄


Walaupun adanya kendala listrik di beberapa sekolah, Alhamdulillah, semua rangkaian kegiatan ABC Cerdaskan Indonesia di Bukittinggi berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Ga terasa, eh tau-tau udah hari terakhir aja 😢 Sedih juga, harus berpisah sama tim. Walaupun baru kenal dan bekerja sama dalam waktu beberapa hari saja, tapi kita kaya yang ngerasa udah akrab banget. Tim nya juga ngerasa berat buat ninggalin Bukittinggi. Ya tapi mau gimana, acara mesti dilanjutkan karna minggu berikutnya, ABC Cerdaskan Indonesia juga akan di laksanakan di Bangka. 
Bukittinggi Team

Semoga apa yang sudah kami lakukan ini, memberikan manfaat bagi semua warga sekolah yang sudah kami datangi.

ABC Cerdaskan Indonesia, bantu jadikan anak Indonesia tercerdas di dunia!

0 Comments:

Post a Comment