Wednesday, March 4, 2020

ABC Cerdaskan Indonesia


Programme for International Student Assessment (PISA), sebuah sistem pengujian yang diinisasi oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), melakukan evaluasi sistem pendidikan negara-negara di seluruh dunia melalui tiga tes kompetensi dasar yaitu membaca, matematika, dan sains. Berdasarkan data resmi PISA, sejak tahun 2000, Indonesia selalu menduduki peringkat rendah di ketiga aspek yang diuji dalam survei tiga tahunan tersebut. Pada tahun 2015, Indonesia berada pada peringkat ke 62 dari 70 negara yang diuji. 

Dan pada tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat ke 71 dari 72 negara yang diuji.

Data diolah dari https://www.oecd.org/pisa/

 Berangkat dari data tersebut, PT Heinz ABC Indonesia melalui merek Sarden ABC, meluncurkan program The Brainy Buddy (Sobat Cerdas ABC), yaitu rangkaian kegiatan di Sekolah Dasar dan sederajat, yang dilaksanakan bersama dengan Indonesia Mengajar. Melalui kegiatan ini Sarden ABC bermaksud untuk turut meningkatkan kualitas pendidikan dan pemahaman siswa, terutama di kemampuan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kemampuan Membaca (sesuai dengan ketiga aspek yang diuji dalam evaluasi PISA), serta sosialisasi mengenai pentingnya nutrisi Omega 3 dan Protein yang bersumber dari ikan (terutama Sarden) untuk membantu meningkatkan kemampuan otak.
Kegiatan ini akan menyasar anak-anak sekolah dasar kelas  5 dan 6, dengan memberikan pelatihan metoda pembelajaran yang dikembangkan oleh Indonesia Mengajar dengan narasumber pendidikan berpengalaman. Selain itu, ada juga kegiatan seminar bersama perwakilan orang tua, mengenai pentingnya kandungan gizi dalam mencerdaskan kemampuan anak, sebagai langkah untuk ikut mencerdaskan anak-anak Indonesia. 

Program ABC Cerdaskan Indonesia telah berlangsung sejak tahun 2018 dan menyasar ke berbagai sekolah nyaris di seluruh provinsi di Indonesia. 

Pada batch 2020 ini, ABC Cerdaskan Indonesia akan diadakan di 50 sekolah di 8 kota di berbagai provinsi, dan salah satunya adalah Kota Bukittinggi, yang menjadi kota ke-23, sekaligus menjadi kota pertama di Sumatra Barat yang didatangi oleh program ini. 

2 comments:

  1. Waduh gambarnya tidak terlihat jelas.. Sepertinya ketarik tuh gambarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap pak. Udah diganti sama yang keliatan jelas tulisannya. Terimakasih masukannya 🙏

      Delete