The Great 2023

 

Sudah hidup selama 30 tahun lebih, kayanya tahun 2023 ini adalah tahun di mana saya paling merasakan jungkir balik emosi yang sangat, sangat luar biasa. Di tahun ini, saya merasa kehidupan menuntut saya untuk menjadi lebih dewasa, terlepas dari sifat kekanak-kanakan yang selama ini enggan saya lepaskan sepenuhnya meskipun saya sangat menyadari kalau sudah berangsur tua.

Mengawali tahun 2023 dengan menikmati "indahnya" mabok hamil trimester pertama. Muntah mual pusing dan lemas seharian adalah keadaan biasa yang saya hadapi setiap harinya. Saya, yang biasanya mengawali hari dengan masak dan menyiapkan sarapan + bekal untuk pak swami ke kantor, harus pasrah dengan keadaan yang ga kuat ngapa-ngapain dan harus langsung kembali berbaring setelah shalat subuh. Indahnya lagi, di saat itu saya baru menyadari kalau ya, judulnya aja yang morning sickness, tapi sangat sangat mungkin sickness-nya berlangsung selama seharian penuh. Tapi yaudah sih yaaa, nikmati aja prosesnya. Toh yang kaya gitu, katanya, tidak bakal berlangsung selamanya. 

Lulus dari gonjang ganjing trimester pertama, saya menyambut datangnya trimester kedua dengan semangat '45, karna katanya lagi, momen ini adalah momen ketika kita bisa menikmati masa-masa kehamilan. Mual muntah udah jauh berkurang, lemes dan pusing berkurang, baby bump mulai kelihatan, pokoknya senang deh! Awalnya gitu. Sampai that worst nightmare datang. Hingga sekarang masih teringat jelas, pada hari itu, Rabu 15 Maret 2023, pagi-pagi saya mendapat telepon dari Mama di rumah, mengabarkan kalau Papa, yang memang kesehatannya sudah agak menurun sejak akhir tahun 2022, sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit karna kondisi beliau agak sedikit kurang baik sejak 3 hari sebelumnya. Dunia saya selalu berasa runtuh tiap kali mendapatkan kabar serupa; bahkan untuk sekadar bernafas dengan teratur kembali, seringkali saya harus mengerahkan seluruh tenaga. Selalu berharap ada keajaiban, doa dan harapan tak pernah putus dipanjatkan setiap detiknya. Tapi takdir Allah berkata lain. Pukul 10 malam kurang dikit, mendapatkan telfon lagi dari rumah. Dilatar belakangi oleh suara tangisan, Mama ngasih kabar kalau Papa udah dipanggil Allah, 8 hari setelah ulang tahunnya yang ke-68. Pak Aji Gendutku, lelaki terhebatku, telah menutup matanya untuk selamanya, tanpa sempat melihat dan menimang cucu perempuan keduanya yang sedang ada di kandungan saya. 


Hati saya babak belur. Dunia saya berhenti berputar. Saya berteriak. Saya menangis. Saya membanting barang yang ada di sekitar. Saya mempertanyakan, kenapa Papa udah pergi padahal belum ketemu sama anak saya? Tapi tentu saja, tidak ada hal yang akan bisa memutar balikkan keadaan. Untung waktu itu masih ingat istighfar, sama masih ingat kalau lagi hamil, jadi masih terhitung lumayan waras. Dikit. Tapi malam itu ga bisa tidur, sedikitpun. Berharap pagi cepat datang biar bisa cepat pulang, karna tiket tercepat yang tersedia waktu itu adalah untuk penerbangan pukul 07.00 WIB di hari Kamis pagi.

Singkat cerita, setelah beberapa hari di rumah, dan setelah diskusi singkat, akhirnya kita memutuskan kalau saya ga ikut balik ke perantauan bareng swami, berhubung emang dari awal udah niatan mau lahiran di kampung. Jadilah, LDM yang awalnya dijadwalkan di bulan Juni, harus dimulai lebih cepat di bulan Maret. Kalau ditanya, LDM berat ga? Bagi saya, berat, tapi hukan karna LDR semata. Keadaan di waktu itu yang menurut saya membuat semuanya menjadi lebih berat. Saya merasa butuh pegangan untuk sedikit menahan luka dan perih yang saya rasakan, tapi semua orang di rumah juga merasakan hal yang sama. Sulit sekali rasanya tertatih bangkit dari keterpurukan. Dan untuk kesekian kalinya, bayi mungil yang sedang bertumbuh di rahim saya, menjadi alasan kuat bagi kami untuk sekali lagi, mencoba untuk bangkit dan berdiri, meski dengan kaki yang telah pincang untuk selamanya.

Setelahnya kami mencoba kembali menata hidup, menyadari bahwa kenyataan masih terus terkembang di depan. Kami mulai menjalani hari-hari nyaris seperti biasa lagi. Saya kembali fokus kepada kehamilan. Dan kembali memanjatkan harapan bahwa segalanya bakal berjalan lancar ke depannya. 

Sayangnya, harapan saya ga terkabul. Di bulan ke-8 kehamilan saya harus diopname selama 3 hari. Bukan yang karna sakit parah sih, cuma diare + muntah aja semalaman, cuma karna lagi hamil, ya takut aja ngefek sama si banun di dalam perut. Setelah pemeriksaan lebih lanjut termasuk USG, Alhamdulillah si banun nya gapapa, diare saya ga ngaruh ke volume air ketuban. Di malam pertama opname, dia gerak-gerak kenceng banget sampai keliatan jelas dari luar, dan kita dengan sotoynya mengartikan gerakannya seolah-olah lagi ngasih tau,"mame lihat, aku gapapa, jadi jangan khawatir ya" πŸ₯²πŸ₯². 

Setelahnya, saya mulai fokus lagi sama kehamilan, sekaligus bersiap-siap buat persalinan. Beberapa kali bongkar muat tas perlengkapan buat lahiran karna selalu aja ngerasa ada yang kurang. Maklum lah yaaaa pengalaman pertama. 10 hari pasca opname, saya memutuskan buat ke salon, motong rambut, sebagai salah salah satu bentuk persiapan sebelum lahiran. Perginya sama adek dan ponakan. Dari pagi ga ada kejadian aneh-aneh, masih jalan muterin halaman beberapa kali, ke salonnya abis turun dari angkot juga masih jalan dikit lagi dan beneran masih ga kenapa-kenapa. Tapi... ketika tiba giliran saya dipotong rambutnya, dalam kondisi yang belum selesai nih, tiba-tiba saya merasakan bunyi "klik" di dalam perut (merasakan, bunyi, di dalam perut pula, i hope you know what i mean) dan, byuuuurrr! Ngucur lah itu air ketuban. Benar-benar ngucur banyak, bukan yang rembes doang. Panik ga? YA PANIK LAH! Bener-bener ga menyangka karna kehamilan saya baru banget memasuki bulan ke 9. Mana rambut saya belum selesai dipotong πŸ₯² 

Skip skip, akhirnya kita ke tempat praktik bidan tempat saya biasa kontrol kehamilan, tapi setelah beberapa jam di sana, saya cuma nyampe pembukaan 5, kondisi air ketuban udah berkurang banyak banget, si banun di dalam udah mulai gelisah karna kekurangan oksigen. Bidannya pun menyarankan untuk dirujuk ke obgyn buat tindakan. Kasian si banun kalau maksain nunggu lahiran normal, karna buat induksi pun, bidannya juga takut ambil resiko, karna faktor air ketuban tadi. Skip skip lagi, nyampe lah kita ke tempat praktik obgyn nya, saya langsung dipasangin infus dan kateter, ditanya-tanya dikit (karna data lengkap udah ada dibawain sama perawat dari tempat praktek bidan), ga lama kemudian dokter anestesi nya dateng, beliau nyempetin shalat dulu btw sebelum masuk ruang tindakan, masuk ruangan, sat set sat set, tepat pukul 20.10 WIB, terdengar suara tangisan paling merdu yang pernah saya dengar. Setelah dari siang perasaan gonjang ganjing, cemas panik semuanya campur aduk, ditambah saya yang emang pada dasarnya adalah manusia berhatie soptie, tentu saja hal yang saya lakukan ketika itu adalah: nangis πŸ‘πŸ» Sampai dibilangin sama dokter anestesinya, "loh resti ngapain nangis? Harusnya seneng dong, tuh anaknya udah lahir, Alhamdulillah sehat ga kurang satu apapun". Saya, sambil sesenggukan, cuma bisa jawab, "ini air mata bahagia, pak, bukan sedih" πŸ₯² Setelah semua drama kehidupan yang tersaji setiap harinya semenjak dari awal dia ada di dalam kandungan, akhirnya gadis kecil saya lahir ke dunia, di waktu yang semua orang tak menyangka πŸ’š 

Jadilah, beberapa bulan terakhir 2023, saya habiskan dengan my beautiful little K, and that was the most wonderful times i ever spent. Melihat dia bertumbuh tuh, ternyata benar-benar luar biasa. Setiap harinya saya belajar berbagai macam hal. Perjuangan meng-asi-hi, kebangun tengah malam sendirian sambil nahan sakit luka bekas operasi yang belum sembuh total, begadang sendirian juga karna ada masanya baby K ga mau bobo sampai pagi. Yang nanya, kok sendirian? Bapaknya mana? Bapaknya dah balik, cuma dikasih paternity leave 1 minggu sama atasannya πŸ₯² Soalnya baru masuk kerja 1 minggu setelah cuti juga wkwkwk sediiih padahal batas maksimalnya bisa 30 hari, tapi kita cuma kejatahan1 minggu πŸ₯².

Lalu kemudian saya menutup tahun 2023 dengan membawa baby K ikut bapaknya ke perantauan. Deg-degan sih, karna selama di rumah, baby K dikelilingi oleh banyak anggota keluarga, sedangkan di sini, cuma ada saya dan papa nya, dan lagi si papa Senin-Jumat bakal ngantor seharian. Belum lagi perjuangan baby K terbang untuk pertama kali. Penerbangan yang delay, ditambah lagi ac di pesawat yang ga nyala sampai boarding yang bikin K ga nyaman banget karna anaknya ga suka gerah. 

Di penerbangan itu, saya menyadari, ada 3 tipe manusia dalam menanggapi bayi yang nangis di pesawat: 
1. Tipe yang cuek, ga ambil pusing sama tangisan bayi. Bahkan penumpang yang duduknya di belakang saya tetap bisa tidur pulas waktu baby K lagi nangis kejer πŸ‘πŸ»
2. Tipe bersimpati dan peduli. Ini bener-bener ga nyangka dan bikin terharu sih. Ketika akhirnya mendarat di Soetta dalam keadaan baby K yang tidur pulas, secara spontan saya mengucapkan Hamdalah, lalu orang di kursi depan saya melihat ke belakang, senyum, dan bilang "selamat yaaaa kak udah berhasil melalui penerbangan kali ini" πŸ₯² saya auto bilang maaf dong karna takut dia sempat merasa terganggu sama tangisan K, tapi dia malah bilang, "gapapa kak, wajar kok, saya juga pernah melaluinya" πŸ₯²πŸ₯² sehat-sehat dan panjang umur, orang baik 🫢🏻
3. Tipe yang ga nyaman dan terganggu. Pas kita mau turun, ada pasangan yang udah berumur yang liatin kita turun sambil gendong K, sambil misuh-misuh "oh, ini bayi yang dari tadi nangis mulu?" πŸ₯² sedih sih digituin, tapi ya cuma bisa pasrah aja, toh emang K nangis 2-3 kali selama penerbangan berlangsung. Cuma bisa doain, semoga aja, anak cucunya dan keluarga mereka, selalu anteng kalau lagi dalam perjalanan, biar ga dimisuhi kaya yang udah kami rasain.

So... here we are. Memulai tahun 2024 dengan kembali ke tanah jawa. Semoga tahun ini dan kedepannya kehidupan kita semua dipenuhi oleh warna-warni cerah penuh kebahagiaan. Semoga tak ada lagi air mata yang tumpah oleh kesedihan. Cape euy, sedih tuh 😁


Comments

Popular posts from this blog

Sahabat [fiksi]

Rumah Sehat + Taman Baca = Taman Baca Mutiara Hati