Thursday, April 8, 2021

The Box Movie Review! No spoiler πŸ™Š

"Sejauh mana musik mampu membawa kita?"

Break Your Box!

Break The Pressure!

"I want people to know that, I'm not just a good looking rapper who raps because I can't sing. My passion for music is stronger than ever" - Park Chanyeol

Pada pertengahan tahun 2020, tersebar berita kalau Chanyeol, main rapper dari kpop grup EXO akan membintangi sebuah film musikal berjudul The Box. Tidak hanya berakting, dipastikan kalau Chanyeol juga akan ikut berpartisipasi dalam mengisi soundtrack di film tersebut. Yes, he's a rapper, but he can sing as well as a main vocalist πŸ™‚ Beberapa bulan berlalu, tidak ada berita lanjutan tentang film ini, seperti misalnya tidak ada berita apakah Chanyeol sudah melakukan proses pengambilan gambar dan sebagainya. Satu-satunya petunjuk soal film yang bisa kita telisik ada di video dari saluran Studio NNG, saluran YouTube kepunyaan Chanyeol, yang dirilis pada tanggal 28 Oktober 2020

Di situ, terlihat tertulis di white board semacam to-do-list, yang berisi kan kata-kata seperti OST 앨범 (OST album), λ…ΉμŒμ‹€ (studio rekaman) di poin 1, dan μ€€λΉ„ λ…ΉμŒμ „ (persiapan/bersiap-siap sebelum rekaman) di poin 2 (Maaf, cuma bisa baca segitu. Belum terlalu mahir baca hangeul tulisan tangan 😭). Dari sini, orang-orang mulai bertanya-tanya, apakah Chanyeol sudah atau akan segera merekam sebuah OST album?

Lalu, pada tanggal 1 Maret 2021, kira-kira pukul 18:00 KST(16:00 WIB) akun Facebook CGV Korea tiba-tiba saja mengunggah video berdurasi 30 detik di mana Chanyeol menyanyikan lagu Bad Guy-nya Billie Eilish yang sudah digubah ulang,yang merupakan bagian dari OST dalam film The Box. 

Sontak saja, video singkat ini menghebohkan dunia maya, khususnya para penggemar Chanyeol dan grup EXO. Perlahan, berita-berita soal film The Box mulai bermunculan. Namun, pada saat itu masih belum diberitahu tanggal pasti penayangan film, hanya diberitahu kalau akan tayang di musim semi (Maret-Mei). 

Beberapa hari setelahnya, pihak The Box akhirnya mengumumkan tanggal penayangannya, yaitu 24 Maret 2021. Rencana awalnya film ini akan ditayangkan pada 31 Maret, tapi karena tingginya animo penggemar terhadap klip pertama yang dibagikan, akhirnya mereka memutuskan untuk memajukan tanggal tayang.


Sejak saat itu, tim The Box Movie mulai membagikan beberapa klip musik lain yang menjadi bagian dari film. Namanya juga film musikal yah, tentunya akan ada banyak musik dalam film ini. Dan tidak hanya Bad Guy, di film The Box juga ada gubahan dari lagu-lagu fenomenal lainnya seperti A Sky Full Of Stars-nya Coldplay, Without You by Mariah Carey, What  A Wonderful World by Louis Armstrong, Happy by Pharrel Williams dan My Funny Valentine-nya Chet Baker. Sebagai catatan, Chanyeol merupakan musisi Korea pertama yang mendapatkan izin resmi untuk mengaransemen ulang lagu Coldplay dan Louis Armstrong dan memublikasikannya secara komersil. Dan karena ini film Korea, tentu saja bakal ada lagu Korea juga, bahkan lagu bergenre trot!
Baju kelap-kelip, rambut koma. Udah cocok belum jadi penyanyi trot beneran? πŸ˜‚

Sejak pertama kali menggemari Chanyeol, saya tidak pernah menyangka akan menyaksikan ybs menyanyikan lagu trot πŸ˜…πŸ˜‚ Lengkap, memang, jika kita berbicara soal jangkauan musik di film The Box ini.

Pada awalnya, film yang diproduksi hanya dengan anggaran biaya rendah ini hanya akan ditayangkan di Korea Selatan saja, namun ternyata, film The Box mendapatkan banyak "panggilan cinta" dari negara lain di seluruh dunia. Tak lama berselang, pihak produksi mengumumkan bahwa The Box akan ditayangkan di 7 negara, dan Indonesia menjadi negara pertama yang mengonfirmasi penayangan The Box setelah Korea Selatan πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰ 


Sampai tulisan ini dibuat, The Box sudah dikonfirmasi akan tayang di 32 negara yang tersebar di benua Asia, Amerika, Eropa dan Australia. Sebuah low budget film bisa melanglang buana ke berbagai penjuru dunia πŸ™‚ Singkat cerita, pada akhirnya saya berkesempatan menonton film ini pada 7 April 2021, tepat di hari perdana pemutaran resmi The Box Movie di Indonesia. Horay!

Film The Box bercerita tentang musisi jenius bernama Jihoon, diperankan oleh Park Chanyeol, yang memiliki suatu trauma sehingga tidak bisa bernyanyi di hadapan orang banyak. Sampai akhirnya ia "ditemukan" oleh Min-Su, diperankan oleh Cho Dalhwan, mantan produser musik sukses yang jatuh bangkrut, yang meyakinkan Jihoon untuk tampil di depan umum.


Caranya? Dengan memakai kotak atau box, di mana Jihoon akan bersembunyi di dalam kotak ketika bernyanyi sehingga dia tidak perlu berhadapan dengan traumanya. 
Halo~~ ada Jihoon di dalam kardus kulkas~~ πŸ˜…

Sesuai genrenya yang adalah film musikal, The Box bisa dibilang penuh dengan musik dan lagu, yang tidak hanya dinyanyikan oleh Chanyeol tapi juga pemeran lain seperti Aancod dan Cho Dalhwan. Dan Chanyeol sendiri, selain berakting dan bernyanyi, juga akan memainkan beberapa instrumen musik seperti gitar, piano dan drum, instrumen yang memang sudah sangat dikuasainya di dunia nyata sehingga terasa bahwa peran Jihoon ini memang sangat cocok untuk dimainkan oleh Chanyeol.


Selain itu, Chanyeol juga berpartisipasi dalam menulis lagu tema berjudul Break Your Box, dan dengan ini menggenapkan karyanya menjadi 38 lagu yang terdaftar di KOMCA/Korea Music Copyright Association. Disebutkan juga bahwa Chanyeol memainkan gitar untuk semua lagu tema di film The Box. Luar biasa memang idola saya ini 😎
(Pada 6 April 2021, 1 lagu ditambahkan setelah Break Your Box, yaitu lagu berjudul Tomorrow, sehingga Chanyeol memiliki 39 lagu yang terdaftar di KOMCA; a.n Chanyeol: 1 lagu, Park Chanyeol: 20 lagu, dan LOEY: 18 lagu)

Selain musik, film The Box juga dipenuhi dengan makanan dan mukbang! πŸ˜‚ Sehingga di beberapa bagian terasa seperti menonton pertunjukan makan, dan bikin lapar, hehehe.


Lalu, The Box juga menyajikan pemandangan di beberapa kota besar Korea Selatan, tidak hanya Seoul tapi juga kota lain seperti Gwangju, Mokpo, Jeonju, Yeosu, Busan dan beberapa kota lainnya

Untuk penampilan musik sendiri, yang menjadi favorit saya adalah ketika Chanyeol menyanyikan A Sky Full Of Stars.


Di sebuah klip trailer sebenarnya sudah diperlihatkan cuplikan bagian ini, tetapi menontonnya secara lengkap di layar besar dan audio yang bagus, benar-benar memberikan efek yang sangat berbeda! Saya benar-benar merinding dibuatnya.

Lalu juga ada What A Wonderful World yang dinyanyikan Chanyeol bersama Kim Jihyun. Benar-benar luar biasa! What a wonderful song. What a wonderful appearance. What a wonderful movie.

Seperti halnya Jihoon, saya merasa sebenarnya banyak dari kita yang juga menggunakan sebuah "box" dalam menjalani kehidupan sehari-hari. "Box" di sini bisa kita artikan sebagai zona nyaman kita dalam hidup. Kadang kita terlalu menerima keadaan dalam zona tersebut sehingga tidak ingin mengubahnya, walaupun untuk menjadi lebih baik. Pada akhirnya, kita sendiri yang akan akan menentukan, apakah kita akan break our own box, atau akan selalu bersembunyi di sana dan menjalani hidup yang begitu-begitu saja.

Walaupun berdurasi 93 menit, film ini terasa benar-benar singkat. Saya merasa baru menonton setengah jam, tau-tau lampu bioskop udah dinyalakan lagi sebagai pertanda kalau filmnya sudah habis. Sedih ☹ 

Jika kamu suka nonton film dan mendengarkan musik, saya sangat merekomendasikan untuk menonton film ini, karna saya bisa menjamin kalau The Box benar-benar layak untuk ditonton. Tidak heran, lebih dari 24.000 penonton menyaksikan The Box di hari perdananya di Indonesia.


Di hari pertama penayangannya, The Box juga langsung mencatat rekor seperti menjadi puncak Box Office di CinΓ©polis dan CGV, 2 jaringan bioskop yang menayangkan The Box di Indonesia. Daebak! πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

Penting: jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan jika ingin menonton di bioskop, ya!

Setelah melakukan promosi sangat singkat namun mendulang kesuksesan luar biasa untuk film The Box, saat ini Chanyeol tercatat sedang melakukan kewajibannya sebagai warga negara laki-laki Korea Selatan yaitu wajib militer, mulai pada tanggal 29 Maret 2021 kemaren dan akan berakhir pada 28 September 2022.


Dia akan bertugas sebagai tentara aktif dan berada di Divisi 9 Kompi 3 / Skuadron 2 Nomor Peleton 110. Divisi 9 yang juga dikenal dengan Divisi Kuda Putih ini berfokus kepada pertempuran militer darat dan pertempuran jarak dekat. Divisi ini juga yang dulu dikirim oleh Korea Selatan dalam perang Vietnam. Benar-benar divisi yang sangat cocok untuk seorang Park Chanyeol πŸ˜…

Serve well, Soldier Park. Please come back safely 🧑🧑🧑


0 Comments:

Post a Comment