Yuk, Baca Manga Online Legal


Jaman sekarang, siapa sih ya yang ga kenal One Piece? Walaupun ga semua orang mengikuti ceritanya, kayanya minimal taulah sama sosok Monkey D. Luffy, tokoh utama dari serial karya mangaka bernama Eiichiro Oda ini.

Saya terbilang cukup telat mengikuti serial One Piece ini, yaitu baru di tahun 2014. Dan di tahun-tahun pertama petualangan saya di dunia bajak laut, saya isi dengan membaca manga scanlation ilegal yang tersebar di berbagai website (tidak untuk ditiru). Ada niat sebenarnya buat baca komik aslinya, namun pada saat itu jumlah komik yang sudah terbit sudah terlalu banyak, dan untuk volume-volume awal sudah sangat susah untuk dicari. Sadar sih, yang saya lalukan itu salah, namun pada saat itu saya tidak menemukan solusi yang lebih baik, dan di sisi lain, saya terlanjur jatuh cinta dengan kisah Luffy dan krunya. Memang, ada website resmi yang menyediakan layanan manga reader, namun itu membutuhkan pembayaran. Saya tidak terlalu keberatan untuk membayar, tapi seringkali website-website internasional menerima pembayaran melalui credit card, dan sobat misqueen seperti saya, tentu saja, tidak memiliki cc.

Untungnya, pada Januari 2019, Shueisha, publisher yang menaungi majalah Shonen Jump, dimana serial One Piece dirilis setiap minggunya, merilis aplikasi dan website bernama Manga Plus, yang bisa diakses oleh pembaca di seluruh penjuru dunia, kecuali negara Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok, yang sudah memiliki layanan manga reader resmi tersendiri.

Aplikasinya tersedia untuk perangkat berbasis android maupun ios. Jadi, di Manga Plus ini, akan diterbitkan semua manga yang dirilis setiap minggunya melalui majalah, tidak hanya Shonen Jump, tapi juga semua majalah lainnya yang berada di bawah naungan Shueisha, seperti misalnya One Piece(of course!), My Hero Academica, Black Clover, Naruto, Boruto, Death Note, dan masih baaaanyak lagi. Dan, satu hal lagi, baca manga di Manga Plus ini, tidak dikenai biaya, alias gratis~~~~~

Namun, tentu saja, walaupun gratis, ada batasan tertentu di dalam Manga Plus ini. Umumnya, kita hanya bisa mengakses manga di 3 chapter awal dan 3 chapter terakhir. 

Jadi, setiap ada chapter baru yang terbit, akan ada chapter lama yang dihapus. Karena yah, walau bagaimanapun, Shueisha adalah publisher dari majalah cetak, kalau semua chapter manga bisa diakses setiap saat, tentu saja akan semakin sedikit pembaca yang akan membeli komik fisik. Saya juga pernah membaca, bahwa pihak Shueisha sendiri sebenarnya tidak mendapatkan keuntungan yang baik dari aplikasi Manga Plus ini. Namun, mereka masih dan akan tetap mempertahankannya, hanya agar pembaca terhindar dari komik bajakan. 

Di dalam aplikasi, kamu bisa memilih manga-manga yang kamu sukai untuk dimasukkan ke dalam daftar favoritmu. 

Nanti, ketika ada chapter baru yang terbit, maka aplikasi akan mengirimkan notifikasi, sehingga kamu bisa langsung membacanya.

Selain itu, juga disediakan keterangan singkat yang bisa kamu lihat jika membuka laman manga yang kamu suka, termasuk jadwal terbit chapter berikutnya, lengkap ga hanya tanggal tapi juga waktu terbitnya (walaupun kadang jadwal ini ga selalu tepat).

Untuk saat ini, layanan Manga Plus hanya tersedia dalam 2 bahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol.

Karena ini adalah terjemahan resmi, maka sudah bisa dipastikan kalau terjemahannya dalam kualitas yang terbaik. Kadang, ketika membaca scanlation ilegal, terjemahannya tidak selalu baik, sehingga terasa aneh, terasa seperti terjemahan yang dipaksakan menggunakan tools seperti Google Translate. Tentu saja, pengalaman seperti itu ga bakal kejadian kalau kamu baca manga di Manga Plus.

Ketika membaca melalui aplikasi, fitur screen capture tidak akan bisa digunakan, sebagai salah satu upaya dari Shueisha nya dalam mengindari pembajakan. Saya pernah mencoba iseng mencoba merekamnya dengan fitur screen recorder, namun ketika membukanya, halaman manga itu hanya akan menampilkan layar hitam saja. Namun, kalau membaca melalui website mereka, kamu akan tetap bisa melakukan screen capture


Nah, sudah tersedia sumber-sumber legal begini. Bagi yang ga mau ketinggalan notifikasi chapter terbaru, bisa pasang aplikasinya. Bagi yang ga mau ngasih beban lebih ke smartphone, bisa baca melalui website. Legal, dan gratis! Jadi jangan baca yang ilegal lagi yaaa 😊😊😊

Comments

Popular posts from this blog

Sahabat [fiksi]

The Great 2023

Rumah Sehat + Taman Baca = Taman Baca Mutiara Hati