Refleksi dan Pandangan Bung Hatta Muda


Kemarin, tepatnya Selasa, 17 Desember 2019, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengadakan seminar kajian bahan pustaka yang bertajuk Pemuda Indonesia dan Politik: Refleksi dan Pandangan Bung Hatta Tahun 1902--1932. Saya, menjadi salah satu yang beruntung yang bisa menghadiri acara luar biasa ini.

 Peserta seminarnya lumayan banyak, dan terdiri dari berbagai kalangan: ada dari guru, mahasiswa, hingga dari pondok tahfiz quran. 

Seminar ini diisi oleh tiga pemateri yang luar biasa. Yang pertama ada Bapak Zamakhsyari Abrar, yang merupakan pustakawan ahli pertama di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Zam berfokus kepada bagaimana fase-fase dalam kehidupan Bung Hatta berhasil membuka wawasan berpolitik beliau yang luar biasa seperti yang kita ketahui bersama. 

Selanjutnya, materi disampaikan oleh Bapak Drs. Melfi Abra, M.Si, yang tidak lain tidak bukan adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi. 

Bapak Melfi menyampaikan bagaimana kehidupan dan pengalaman Bung Hatta dapat menjadi refleksi bagi generasi milenial untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kancah perpolitikan. 

Terakhir, ada materi dari Ibu Dr. Silfia Hanani, M. Si. 

Dosen di IAIN Bukittinggi yang sudah memiliki banyak karya ini menyampaikan bagaimana politik dan gebrakan yang dilakukan oleh Bung Hatta di masa mudanya. Sesuai dengan judul dari seminar ini, semua materi mengacu kepada kehidupan Bung Hatta muda, yaitu mulai dari ketika Bung Hatta mulai merantau ke Padang, hingga ketika beliau menimba ilmu di negeri kincir angin Belanda. 

Segala aspek pada diri Bung Hatta memang selalu menarik untuk didiskusikan. Semoga ke depannya ada lagi acara-acara seperti ini yang akan membahas lagi sisi-sisi kehidupan Bung Hatta sehingga kita bisa menarik lebih banyak ilmu dari pribadi beliau yang bersahaja. 

Comments

  1. Keren...berharap beberapa tahun mendatang muncul Hatta2 milineal yang punya pola pikiran seperti Hatta sang proklamator.

    ReplyDelete
  2. Narasumbernya keren keren tu kak.👍

    ReplyDelete
  3. Beruntung bgt juga bisa jdi salah satu peserta seminar jdi bisa lebih mengenal jauh ttg Bung hatta

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Semoga kita dapat meneladani sikap politik Bung Hatta.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sahabat [fiksi]

The Great 2023

Rumah Sehat + Taman Baca = Taman Baca Mutiara Hati