Tuesday, December 3, 2019

Mendongeng Di Negeri Dongeng


Pada Sabtu, 30 November 2019 kemaren, saya berkesempatan untuk menghadiri satu acara menarik, yaitu acara Mendongeng Bersama yang diadakan oleh Komunitas Literasi Nagari Dongeng Kota Bukittinggi. Acara ini dilaksanakan di taman baca Mutiara Hati dalam rangka memperingati Hari Dongeng Nasional yang jatuh pada 28 November. 

Acara ini diikuti oleh adik-adik lucu dari TKN 1 Kota Bukittinggi, SDIT Al-Islah, dan SDIT Jam'iyyatul Hujjaj. Tidak hanya mendengarkan dongeng, adik-adik ini juga berkesempatan untuk mendongeng secara spontan memerankan cerita fabel. 

Selain murid TK dan SD, turut hadir juga salah satu pendongeng hebat Sumatra Barat, Kak Niki Martoyo, juga Bunda Yesi Ramlan yang juga ikut membacakan dongeng buat semua peserta yang hadir. 

Satu hal lagi yang menarik di acara mendongeng ini. Lihat aksesoris yang digunakan oleh adik-adik ini? 

Mereka menggunakan kalung yang dibuat dari daun singkong. Selain bikin kalung legendaris ini, adik-adik juga diajak untuk bikin mainan dari pelepah pisang. 

Sedikit info, tanggal 28 November sudah ditetapkan sebagai Hari Dongeng Nasional sejak tahun 2015 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hari ini dipilih sebagai penghormatan bagi Drs. Suyadi. Tanggal 28 November merupakan tanggal lahir dari tokoh penting dalam dunia perdongengan Indonesia yang lebih banyak dikenal sebagai Pak Raden ini.

Dan siapa sih yang tidak kenal dengan cerita Si Unyil. Kisah wayang boneka legendaris karya Pak Raden ini begitu lekat di hati dan pikiran masyarakat Indonesia. Tidak hanya mereka yang menikmati cerita aslinya pada tahun 1980-an, generasi sekarangpun tetap mengenal Si Unyil karena salah satu televisi swasta menggunakan tokoh SI Unyil dan kawan-kawan dalam suatu acara dokumenter. Jadi, rasanya sangat layak jika tanggal lahir seorang seniman seperti Drs. Suyadi ini mendapatkan kehormatan menjadi Hari Dongeng Nasional. 


12 comments:

  1. Rencanya pengen ikut, tapi ada kegiatan Minang Geopark Run. Hanya bisa mendoakan, kegiatan sprti ini terus dibudayakan

    ReplyDelete
  2. Ibuk gak bisa hadir dinegri dongeng hr itu Resti.. Sukses kan acaranya.

    ReplyDelete
  3. Ketemu dedek-dedek emesh dapat bonus didongengin buk wali lagi... Mantap kak 😅

    ReplyDelete
  4. Keren bunda yessi bisa ikutan berpartisipasi mendongeng

    ReplyDelete
  5. Wow... top markotop resti... rasa gak pernah tuaya kita kalo udah gabung sama milenials cilik ni hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Millenials cilik nya termasuk yang nulis kan kak? ☺

      Delete